Kamis, 17 Juni 2010

Contoh Makalah Komputer

KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah, “Deskripsi Komputer” sebagai syarat untuk melengkapi nilai Bahasa Indonesia. Makalah ini disusun dan dibuat berdasarkan materi – materi yang ada. Materi – materi bertujuan agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi. Serta siswa juga dapat memahami nilai – nilai dasar yang direfleksikan dalam berpikir dan bertindak. Mudah-mudahan dengan mempelajari makalah ini, para siswa akan mampu menghadapi masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan yang timbul dalam belajar Komputer. Dan dengan harapan semoga siswa mampu berinovasi dan berkreasi dengan potensi yang dimiliki,
Dalam pelaksanaan tugas akhir ini, diucapkan terima kasih kepada:
1. Kepala sekolah SMKN 4 Bandung yang telah sudi menerima penulis di Sekolah Menengah Kejuruan Negri 4 Bandung;
2. Orang tua penulis yang telah membantu dan mendukung penulis dengan bentuk riil dan moril sehingga tugas ini selesai;
3. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah mencurahkan sedikit ilmu yang beliau punya kepada penulis tugas ini selesai.
4. Wali Kelas XII-K, Dra. Hj. Susilawati yang terus mendukung menyelesaikan aplikasi
5. Rekan – rekan yang turut mendukung penulis.
Dan juga, penulis juga mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyusunan makalah ini. Semoga dalam penyusunan makalah selanjutnya penulis dapat menyusunnya lebih baik lagi. Sekian dan semoga program buatan penulis dapat berguna.
Bandung, 5 Februari 2010

PENULIS
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Tentang Microsoft Word
1.2 Sistem Komputer
1.3 Pengertian PDE/Electronik Data Processing (EDP)
1.4 Siklus Pengolahan Data
1.5 Ilmu Komputer
1.6 Tokoh-tokoh Ilmu Komputer
1.7 Sejarah Perkembangan Komputer
1.8 Perkembangan Software
1.9 Perkembangan Hardware

BAB II : PENGGOLONGAN KOMPUTER
2.1 Jenis-jenis Komputer
2.2 Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor

BAB III : BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER
3.1 CPU (Central Processing Unit)
3.2 Main Storage / Memori
3.3 Prosesor dan Motherbord
3.4 Prosesor
3.5 I/O Port
3.6 Data Bus
3.7 Addres Bus
3.8 Control Bus
BAB IV : PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran





BAB I
PENDAHULUAN
Pernahkan Anda menggunakan komputer ? Komputer bukanlah alat elektronik yang asing bagi kehidupan kita. Komputer sering kita temukan di kantor-kantor, di sekolah-sekolah bahkan setiap rumah-rumah juga sering kita temukan. Untuk itulah komputer bukan alat elektronik yang asing lagi.
Namun ada juga orang yang mengatakan bahwa menggunakan komputer itu sangatlah sulit, tapi semua itu tidak seperti yang mereka bayangkan. Untuk tidak menemukan kesulitan-kesulitan dalam menggunakan komputer, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu mater-materi dan cara-cara menggunakan komputer. Dengan demikian kita tidak akan menemukan kesulitan-kesulitan lagi. Pada zaman modern ini komputer merupakan alat elektronik yang penting bagi kita, terutama di kantor dan di sekolah.


1.1 Tentang Microsoft Word
Microsoft Word merupakan salah satu software yang bekerja di bawah Windows yang sudah terbukti handal untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pengolahan kata. Word sangat menyenangkan untuk mengerjakan bentuk-bentuk pengetikan multi kompleks seperti daftar isi, indek, label, formulir, grafik, dan sebagainya. Microsoft Word sangat disukai oleh banyak pengguna computer, karena sudah terbukti sangat mudah untuk dipelajari dengan banyak fasilitas dan kemampuan yang dimiliki.
Microsoft Word memungkinkan anda membuat dokumen muali dari tipe surat-surat biasa hingga tipe baku dengan pilihan yang variatif berstandard internasional. Dan apabila perlu dalam Microsoft Word terdapat panduan Wizard yang memberikan urutan perintah dengan tanpa proses penghafalan yang berlebihan. Serta terdapat Template yang menyediakan berbagai bentuk surat, fax serta style-style dokumen yang menarik dan bermanfaat bagi anda.

Komputer adalah :
 Alat elektronik
 Dapat menerima input data
 Dapat mengolah data
 Dapat memberikan informasi
 Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer
 Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
 Bekerja secara otomatis
Sedang yang disebut progam adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya computer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang telah pasti.


1.2 Sistem Komputer
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer. Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data untuk dapat menghasilkan informasi elemen-elemen yang mendukung tujuan pokok tersebut adalah Software, Hardware, dan Brainware.
Software (perangkat lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melaksanakan pengolahan data.
Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Brainware (manusia / pemakai) adalah yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

1.3 Pengertian PDE / Electronic Data Processing (EDP)
Adalah pengolahan data menggunakan komputer.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Atau dengan kata lain adalah fakta yang terungkap. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol. Data mentah masih belum dapat digunakan, sehingga harus diolah lebih lanjut.
Pengolahan data adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

1.4 Siklus Pengolahan Data
Suatu proses pengolahan data terdiri atas 3 tahap dasar, yaitu Input, Processing dan Output, dapat digambarkan sebagai berikut :



Input adalah tahapan yang merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input.
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan, yang akan dilakukan oleh alat pemroses (dapat berupa proses menghitung, mengendalikan, mengurutkan, dan lain-lain)
Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output (keluaran) dari hasil pengolahan data kea lat output, yaitu berupa informasi.




1.5 Ilmu Komputer
Disiplin ilmu komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.
Penemu algoritma senndiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Usbekistan yang hidup di masa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannever Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930.
Kemudian John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut “von Neumann machine” , di mana program disimpan di memori. Arsitektur inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.
Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi ilmu komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (Computer Science). Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing) atau Informatika (Informatics).


1.6 Tokoh-Tokoh Ilmu Komputer
 Adam Osborne
 Augusta Ada Lovelace
 Alan Mattison Turing
 Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi
 William Henry Gates III (Bill Gates)
 Bjarne Stroustrup
 Bob Metcalfe
 David Packard
 Dennis Mc Allistair Ritchie bersama Ken Thompson
 Donald Knuth
 Edsgar Wybe Dijkstra
 Henry Ross Perot

1.7 Sejarah Perkembangan Komputer
 Sejarah modern komputer dimulai tahun 1928, ketika Jerman membuat mesin pembuat kode rahasia yang disebut dengan ENIGMA.
 Tahun 1930 Bell Laboratories (Amerika Serikat) membuat mesin elektromekanik yang disebut Model I.
 Tahun 1940 Inggris membuat mesin COLOSSUS, mesin yang dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh Alan Turing, ini mampu menerjemahkan kode yang dibuat dengan mesin ENIGMA, tapi mesin-mesin ini hanya bisa mengerjakan satu tugas saja.
 Tahun 1946 dikembangkan mesin yang dapat mengerjakan lebih dari satu tugas, yang dinamakan ENIAC dan mulai disebut sebagai komputer pertama.
 Tahun 1949 Alan Turing mengembangkan mesin yang disebut EDSAC, mesin ini mempunyai tabung memori, tampilan osiloskop dan kumpulan sub-rutin.
 Tahun 1954 UNIVAC I, dikembangkan di Harvard dan mulai dipakai oleh Departemen Pertahanan AS. Dan pada tahun yang sama IBM mulai memproduksi secara missal Komputer IBM 650.
 Tahun 1965 berhasil dijual komputer Control Data 6600 seharga $20.000 (kurang lebih 80 juta, kurs tahun 1993).
 Tahun 1968 muncul komputer komersial pertama yang menggunakan IC (Intergarated Circuit atau rangkaian terpadu). Komputer ini dinamakan Burroughs B2500 dan B3500.
 Tahun 1975, Altair 8800 merupakan komputer mikro pertama yang dijual umum, komputer ini menggunakan processor 8088, kemudian juga digunakan pada IBM PC, mempunyai RAM atau memori sebesar 256 byte dan di dalamnya sudah terpasang bahasa pemrograman BASIC.
 Tahun 1976 lahirlah Cray I yang disebut sebagai supercomputer, karena merupakan komputer yang paling canggih.
 Tahun 1977 lahirlah juga komputer prigbadi atau PC (personal komputer). Yaitu Aplle II Commodore PET dan Tandy TRS-80.
 Tahun 1982 Compac mulai mengenalkan komputer portabel yang sudah dibawa ke mana-mana.
 Tahun 1984 Apple mmbuat komputer Macintosh yang menandai jaman komputer, yang mudah digunakan, karena menggunakan tampilan grafik (graphical user interface, atau disingkat GUI), Macintosh mempunyai memori yang cukup besar saat itu, yaitu 128 KB.
 Tahun 1981 IBM menjual komputer PC-nya dan memori yang terpasang hanyalah sebesar 16 KB dan di dalamnya sudah tersedia bahasa BASIC.
 Akhir tahun 1984 Compac Despro adalah komputer pertama yang menggunakan processor 80286 buatan Intel Corp.
 Menjelang tahun 1990, perkembangan komputer sudah semakin pesatnya, hamper setiap minggu, bahkan setiap hari, muncul berita penemuan terbaru di bidang komputer. Dan bahkan sudah memungkinkan komputer dapat berkomunikasi dengan peralatan kantor seperti telepon, faksimili, cideo, radio tape dan pesawat televise yang sekarang dikenal dengan istilah komputer multimedia.



1.8 Perkembangan Software
Komputer merupakan mesin yang memproses fakta atau data menjadi informasi. Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah.yang menjadi pemroses data atau pemecah masalh itu adalah perangkat lunak.
Bentuk terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik dan logika. Dan operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak pun dari machine-like, mulai berubah seperti human-like. Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge yang digabung dari berbagai sisi guna membangun wisdom.
Data yang diproses pun telah banyak berubah, yang semula hanya berupa data bilangan dan karakter merambah ke audio visual (bunyi, suara, gambar, film). Sejauh perkembangan hingga saat ini, seluruh proses menggunakan format data digital dengan satuan bit (binary digit).

1.9 Perkembangan Hardware
Hamper seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa computer yang didesain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuhannya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.





BAB II
PENGGOLONGAN KOMPUTER

2.1 Jenis-Jenis Komputer
Beberapa tahun yang lalu penggolongan komputer berdasarkan besarnya RAM yang ada pada tiap komputer, tapi pada saat sekarang penggolongan jenis-jenis komputer lebih tepatnya berdasarkan jenis prosesor yang ada di tiap komputer, karena kemampuan kerja komputer ditentukan oleh kemampuan prosesornya.

2.2 Jenis Komputer Berdasarkan Prosesor
Komputer dapat digolongkan dalam tiga bagian, yaitu :
1. Mainframe adalah komputer yang prosesornya mempunyai kemampuan sangat besar karena ditujukan untuk banyak pemakai.
2. Minikomputer sebenarnya adalah bentuk mini komputer mainframe, tapi komputer ini ditujukan untuk perusahaan yang tidak begitu besar tapi tidak begitu kecil.
3. Personal Computer (PC) atau komputer pribadi adalah computer yang ditujukan untuk satu pemakaian program aplikasi pada suatu saat, oleh karena itu perangkatnya dapat diringkas dalam satu mesin saja.

Tabel Penggolongan Komputer
Dasar Penggolongan Jenis Komputer
Generasi I, II, III, IV
Prosesor Mainframe, minicomputer, IBM Compatible atau PC Marcintosh
Bentuk dan Ukuran fisik Tower, Desktop, Portable, Notebook, Handbook atau sub notebook, Palmtop atau handheid
System Operasi Unix, Netware, DOS, OS/2, Windows NT, System 7

Tower adalah komputer yang biasanya diletakkan di samping atau di bawah meja, karena yang ukurannya yang relatif besar sehinnga memenuhi meja. Desktop adalah komputer yang bentuknya sedikit lebih kecil, biasanya diletakkan di atas meja. Notebook adalah komputer yang ukurannya sebesar notebook/buku catatan yang ukurannya sama dengan kertas kuarto, yaitu 81/2 x 11 inci.
Docking sistem adalah komputer desktop tetapi tidak memiliki CPU. Sedangkan yang berfungsi sebagai CPU nya adalah komputer notebook atau laptop.























BAB III
BAGIAN-BAGIAN UNIT KOMPUTER


Komponen-komponen Pembentuk PC
o CPU (Central Processing Unit) atau Processor
o Motherboard
o Memory
o Casing dan Power Supply
o Keyboard dan Mouse
o Expansion Card

3.1 CPU (Central Processing Unit)
CPU (Central Processing Unit) adalah suatu unit fungsional yang sangat penting di dalam suatu instalasi Komputer. Tugas utama CPU adslsh mengontrol dan membimbing keseluruhan sistem komputer selama pengolahan. Untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut di atas, maka di dalam CPU, di samping terdapat memory / storage unit yang menampung data dan instruksi yang akan diolah, juga terdapat dua buah komponen besar, yaitu :
 Control Section Unit
 Arithmetic dan Logical unit
3.1.1 Control Section Unit
Suatu bagian atau unit dari CPU yang bertugas untuk membimbing dan mengkoordinir peralatan-peralatan sistem komputer yang digunakan selama pengolahan data berlangsung dan mengawasi jalannya pengolahan adalah Control Section / unit.



3.1.2 Arithmetic Logical Section / unit (ALU)
ALU adalah yang melaksanakan pengolahan data secara fisik, termasuk penjumlahan, pengurangan, pembagian juga logical operasi, seperti manyatukan data, menurutkan data, memilih data dan lain-lain.


3.2 Main Storage / Memori
Fungsi utama dari mainstorage/memori adalah menyediakan tempat bagi data dan instruksi. Bagian ini terdiri dari internal memory yaitu berupa RAM (Random Acces Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti harddisk, floppy disk dan optical disk.
RAM mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan data disimpanan, yang disebut dengan parity check. Bila data hilang atau rusak dapat diketahui dari sebuah bit tambahan yang disebut dengan parity bit. ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca saja, pemakai tidak dapat mengisi sesuatu ke dalam ROM. Isi ROM telah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa system operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer.
Perintah-perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan pada RAM. RAM (Random Acces Memori) adalah memori komputer yang dapat diisi dengan program data selama ada aliran listrik, bila aliran listrik mati isi RAM akan terhapus semuanya. Pada waktu program komputer dijalankan, sebagian program yang telah kita masukkan atau kita ketik akan diletakkan di RAM.





3.3 PROSESOR DAN MOTHERBOARD
Komputer mempunyai tiga bagian yang utama, yaitu monitor, CPU dan keyboard CPU kotak komputer yang di dalamnya terdapay motherboard, power supply, harddisk dan floppy disk drive, sedang CPU atau prosesor merupakan inti system komputer. Di dalam unit sistem terdapat papan rangkaian elektronik yang disebut motherboard. Di dalam motherboard terdapat berbagai komponen yang diperlukan komputer, termasuk tempat untuk memasang berbagai perangkat tambahan. Di dalam motherboard tedapat :
 Prosesor utama
 ROM
 RAM
 Cache memori
 Port atau tempat untuk menghubungkan dengan perangkat standar seperti keyboard, mouse, disk drive, harddisk dan monitor.

3.4 Prosesor
Prosesor adalah alat satu bagian computer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, kemampuannya akan semakin baik, dan biasanya harganya akan semakin mahal.
Sebenarnya prosesor adalah CPU, terdapat enam komponen utama, yaitu :
 ALU bertugas menambah dan mengurangi angka
 Register, adalah bagian memori yang sementara menampung hasil hitungan
 Clock bertugas menyesuaikan kecepatan CPU dengan perangkat di sekitarnya agar sinkron.
 Program counter menghitung dan mengingati alamat (lokasi) instruksi yang sedang digunakan.
 Addres decoder menghitung data yang sedang diproses ALU
 Instruktion decoder menterjamahkan instruksi yang harus dijalankan oleh CPU

Prosesor/CPU (Central Processing Unit) merupakan otaknya komputer. Processor dapat dibedakan dari perbedaan jumlah data bus-nya. Misalkan ada prosesor 8 bit, itu berarti prosesor tersebut memilki 8 data bus.
Ada beberapa produsen prosesor untuk PC, seperti intel, AMD, Cyrix dan Winchip IDT. Kita gunakan standar prosesor keluaran Intel Corp sebagai berikut :
 Prosesor 8 bit :8088 (Generasi XT = Extended Technology)
 Prosesor 16 bit :8086, 80186, 80286 (Generasi AT= Advanced
Technology)
 Prosesor 32 bit :386 SX, 386 DX, 486 SX, 486 DX, Pentium, Pentium Pro,
Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4

3.5 I/O Ports
I/O adalah input/output. Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan input dan output terhubung melalui port ini.

3.6 Data Bus
Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16, 32, atau 64 jalur data yang parallel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.

3.8 Addres Bus
Addres Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Addres Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur parallel. Lebar Addres Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila CPU mempunyai Addres Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 1048576 alamat (1 MB).

3.9 Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Addres Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur parallel.CPU akan mengirimkan sinyal pada Control Bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O Port.













BAB IV
PENUTUP
Demikianlah makalah ini dapat diselesikan. Kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan makalah ini penulis ucapkan terima kasih. Dan diharapkan dapat dipahami oleh para pembaca, sehingga pembaca tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuannya.
Penulis ucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karenanya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembaca.
4.1 Kesimpulan
Setelah disusunnya makalah ini dapat disimpulkan bahwa komputer bukanlah alat elektronik yang sulit digunakan dan asing bagi kita. Untuk memudahkan dalam penggunaan komputer, hendaklah kita pelajari terlebih dahulu materi-materi dan cara-caranya. Dengan nitu tidak akan timbul kesulitan-kesulitan dalam mempelajari.

4.2 Saran
Untuk penyempurnaan suatu makalah, sebaiknya diberikan suatu kritikan yang gunanya untuk membangun dan penyempurnaan suatu makalah tersebut. Selain saran yang dapat membangun adalah makalah tersebut sebaiknya dibuat berdasarkan materi-materi yang ada dan berkualitas sempurna, sehingga pembaca tidak melakukan kesalahan setelah membacanya.

1 komentar:

  1. makasih telah berbagi ilmu,, sukses selalu,, boleh di copy faste tidak..

    BalasHapus